Pengertian dan Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan

Apa Pengertian dan Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan ? Jawabannya akan anda temukan pada ulasan dibawah ini. Olahraga senam memang sangat populer di Indonesia sekarang ini, tidak hanya orang dewasa bahkan anak-anak dan remaja juga menyukai olahraga ini. Tentu anda masih ingat ketika masih sekolah SD, SMP atau SMA dimana setiap hari juma’at selalu dilakukan senam pagi kesehatan jasmani. Olahraga senam memang menyehatkan dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena bisa membakar kalori dengan cepat. Salah satu yang populer dan banyak dilakukan orang dewasa terutama kaum wanita adalah senam Aerobik.

pengertian senam aerobik dan manfaat senam aerobik bagi kesehatan

Senam aerobik yang diiringi dengan irama musik ini memang memiliki manfaat guna meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh dan sangat baik untuk kesehatan Jantung. Tak heran bila senam ini begitu diminati mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Apalagi senam Aerobik juga dapat menjaga bentuk tubuh agar langsing dan sehat, itulah mengapa banyak wanita banyak yang melakukan senam Aerobik terutama para ibu-ibu yang ingin menjaga tubuhnya agar selalu proprsional.

Pengertian Senam Aerobik

Tarian aerobik atau yang sekarang populer dengan sebutan senam aerobik ini populer pada akhir tahun 170 an di Amerika dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1980 an yang dikenal masyarakat sebagai aktivitas kebugaran. Sekarang ini senam aerobik sangat populer dan disukai semua kalangan usia. Anda bisa melihat kegiatan senam Aerobik setiap minggu pagi di berbagai tempat keramaian seperti Lapangan, pelataran parkir, dan tempat-tempat lainnya yang dipimpin oleh seorang Instruktur senam Aerobik.

Adapun pengertian senam aerobik ini sendiri yaitu Sistem latihan fisik yang tujuannya untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh dengan memadukan serangkaian gerakan dengan irama musik yang pilih dengan durasi waktu tertentu. Melakukan senam Aerobik secara teratur akan dapat memperbaiki kinerja jantung dan paru-paru.

Sementara itu pengertian Senam Aerobik menurut Jackie Sorensens (Amerika Serikat) yaitu suatu program kesegaran jasmani yang lengkap dengan meliputi latihan dan kegembiraan yang mengekspresikan segala perasaan seperti tertawa, menendang, melompat, meregang, jogging, bergoyang dengan mengombinasikan gerakan dansa atau gerakan tarian tradisional, tari rakyat, tari kontemporer.

Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan

Senam Aerobik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan itulah sebabnya banyak orang menyukai senam ini, apalagi gerakannya cukup beragam ada yang keras dan ada yang ringan sehingga bisa dilakukan oleh semua usia. lalu apa saja manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh? simak selengkapnya penjelasannya dibawah ini :

1. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
Senam Aerobik merupakan jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina dalam beraktivitas serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Apabila anda mengalami tubuh yang lesu dan letih ketika beraktivitas, anda bisa melakukan olahraga senam aerobik ini agar tubuh kembali bugar.

2. Aerobik bisa Meningkatkan fungsi jantung
Senam aerobik adalah olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi jantung. karena dengan rutin melakukan senam aerobik secara teratur akan membuat irama jantung lebih stabil dan denyut jantung meningkat. Itulah sebabnya banyak orang dewasa terutama orang tua suka melakukan senam ini.

3. Senam Aerobik dapat Mengurangi Berat Badan
Senam aerobik bisa membakar kalori dengan cepat dan mampu mengurangi lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Banyak wanita yang ingin menjaga tubuh agar tetap langsing ideal melakukan senam aerobik secara rutin dan teratur. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan mengecikan perut buncit secara lami bisa melakukan senam aerobik ini.

4. Senam Aerobik bisa mencegah penyakit
Senam aerobik merupakan senam kesehatan Jasmani yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah resiko terkena berbagai penyakit seperti stroke, kolesterol, Jantung dan bahkan penyakit kanker. Jadi, jangan ragu untuk melakukan senam ini di rumah atau ikut kelas senam aerobik.

5. Membuat umur panjang
Berdasarkan penelitian Harvard University yang diterbitkan New England Journal of Medicine pada tahun 1986, disebutkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Senam Aerobik merupakan olahraga yang bisa membuat tubuh sehat dan juga memiliki umur panjang.

6. Aerobik Bisa Meningkatkan Kesehatan Otot
Otot manusia sangat memerlukan oksigen guna membantu terhindar dari penyakit asam laktat atau limbah lainnya. Senam Aerobik akan mendorong pembuluh darah sehingga menyediakan cukup oksigen dalam otot serta menjauhkannya dari berbagai limbah. Tidak hanya itu, Aerobik juga bisa mengurangi ketidak nyamanan yang dirasakan oleh penderita sakit punggung dan nyeri otot kronis.

7. Aerobik bisa Meningkatkan mood dan mengurangi stres
Endorfin mampu memberikan rasa tenang dan sejahtera, Nah aerobik ini mampu mengaktifkan Endorfin tersebut. Kemudian Aerobik juga dapat mengurangi stress akibat kesibukan dan aktivitas kerja yang berat seharian.

8. Aerobik dapat Membersihkan arteri
Melakukan Latihan senam aerobik bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus juga menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Yang mana LDL dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.

9. Aerobik bisa Memperkuat napas/stamina
Lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah bisa membuat napas anda tidak kuat, hal ini bisa dilihat ketika anda beraktivitas sebentar sudah merasa lelah. Jika anda ingin napas lebih powerful dan kuat kembali beraktivitas lakukan senam aerobik secara rutin.

10. Aerobik dapat Mengurangi tekanan darah tinggi
Latihan Aerobik bisa melancarkan peredaran darah serta oksigen dalam tubuh. Itulah mengapa aerobik bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

11. Aerobik bisa Mengatasi insomnia
Insomia atau sulit tidur diamali sebagian orang yang disebabkan oleh berbagai hal. Apabila anda mengalami Insomia atau susah tidur bisa mencoba melakukan senam aerobik karena dipercaya bisa mengatasi sulit tidur sehingga tidur bisa lebih nyenyak.

12. Aerobik dapat memperkuat tulang dan sendi
Gerakan senam aerobik memang beragam, ada yang keras dan ada pula yang ringan. Nah, buat anda yang ingin menghindari terkena penyakit osteoporosis, lakukan senam aerobik secara rutin karena dapat memperkuat tulang dan sendi.

13. Aerobik Bisa Membuat Awet muda
Melakukan senam aerobik secara rutin dan teratur akan dapat membakar lemak, kalori dan pembuangan keringat. Selain itu aerobik juga bisa meningkatkan elastisitas otot dan kulit agar lebih cerah dan bersinar sehingga terlihat awet muda.

14. Membantu ibu hamil
Senam aerobik juga baik untuk ibu yang sedang hamil karena dapat meningkatkan elastisitas otot sehingga bisa membantu persalinan normal.

Itulah beberapa manfaat dari senam aerobik, apakah anda juga senang melakukan olahraga ini. Jika tidak, apa salahnya mencoba karena manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Aturan Gerakan Senam Aerobik

Gerakan senam Aerobik memiliki tiga aturan dasar yaitu sebagai berikut :

  • Gerakan Pemanasan
    Pemanasan (warming up) merupakan persiapan emosional, psikologis, dan fisik untuk melakukan latihan. Adapun tujuan latihan pemanasan ini adalah untuk menaikkan denyut jantung secara berangsur-angsur, mempersiapkan otot-otot dan persendian, meningkatkan suhu inti tubuh, meningkatkan sirkulasi cairan tubuh, dan mempersiapkan diri secara psikologis dan emosional.
  • Gerakan Inti Aerobik
    Gerakan inti merupakan gerakan yang telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Gerakan inti senam aerobik bertujuan untuk menguatkan otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.
  • Gerakan Pendinginan
    Gerakan pendinginan bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung supaya kembali mendekati normal. Pelaksanaan gerakan dilakukan secara bertahap dari intensitas tinggi ke intensitas yang rendah.

Baca selengkapnya : Senam Aerobik Untuk Mengecilkan Perut

Jenis-jenis Senam Aerobik

Aerobik merupakan senam yang diiringi dengan musik yang disesuaikan jenis aerobik apakah keras atau ringan. Fungsi irama musik dalam aerobik sebagai panduan gerak, pemberi motivasi, dan semangat peserta yang melakukan senam aerobik. Oleh sebab itu, dalam melakukan senam arobik pilihlah irama musik yang penuh energi, menyenangkan dan mempunyai warna yang menggerakkan. Musik yang dipilih biasanya mempunyai empat ketukan per irama dengan irama yang tetap. Berdasarkan cara melakukannya dan musik yang mengiringinya, senam aerobik dapat dibagi beberapa jenis antara lain:

  1. Low impact aerobic, yaitu senam aerobik gerakan ringan.
  2. Higt impact aerobic, yaitu senam aerobik gerakan keras.
  3. Discorobic, yaitu kombinasi antara gerakan ringan dan keras.
  4. Rockrobic, yaitu kombinasi antara gerakan ringan dan keras.
  5. Aerobic sport, yaitu kombinasi antara gerakan aerobik keras dan ringan.
  6. Aerobic dance, yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
  7. Aerobik dengan menggunakan alat, pada dasarnya adalah upaya menambah variasi, intensitas, serta volume latihan agar lebih meningkat. Biasanya, menggunakan peralatan, antara lain kursi, bangku, tali (pita), tongkat, dan bola.

Nah, itulah pengertian senam aerobik dan manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh. Lakukan senam aerobik secara rutin dan teratur untuk menjaga tetap sehat dan bugar. Anda bisa mengikuti kelas aerobik atau bisa juga melakukannya sendiri di rumah dengan membeli kaset senam aerobik sebagai panduan. terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply